02.53 Edit This 0 Comments »

Manfaat Air Putih
Air putih adalah cairan yang sering kita minum setiap harinya untuk menjaga keseimbangan kondisi tubuh dan metabolisme dalam tubuh. khasiat air putih tersebut kita rasakan baik secara sadar maupun tidak sadar, tapi yang pasti air digunakan oleh tubuh untuk proses metabolisme.
Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh manusia sekitar 70% terdiri dari cairan maka mau tidak mau agar kondisi kesehatan tubuh tetap seimbang harus minum air putih. Tubuh kita setiap harinya membutuhkan sekitar 2 liter air atau kurang lebih 8 gelas air putih, apabila kondisi tersebut tidak dipenuhi makan akan terjadi dehidrasi pada tubuh kita. Namun keadaan tersebut untuk manusia dengan keadaan normal, sebenarnya kebutuhan akan air putih untuk setiap orang itu berbeda beda tergantung dari beberapa faktor seperti iklim dan jenis aktifitas, tentunya orang yang hidup di iklimyang panas dan aktifitas fisik yang berat membutuhkan konsumsi air lebih banyak apabila dibandingkan dengan manusia yang hidup di iklim dingin dengan aktiftas normal. Oleh karena itulah para ahli kesehatan menganjurkan agar kita mengkonsumsi air putih sekitar 2 liter air per harinya.
berikut adalah khasiat Air putih :
  1. Membuat Kondisi tubuh lebih sehat : Seperti yang kita ketahui bahwa air digunakan untuk proses metabolisme, apabila metabolisme lancar maka tubuh kita akan lebih sehat. selain itu air juga membantu mengurangi kinerja dari hati dan lambung sehingga kondisi kedua organ tersebut juga akan semakin baik dengan kata lain mengurangi terjadinya penyakit hati dan ginjal
  2. Membantu menghilangkan racun dalam tubuh : dengan meminum air setiap hari dapat membantu ginjal dalam menghilangkan racun dalam tubuh akibat sisa-sisa pembuangan dalam tubuh.
  3. Mengurangi berat badan : Apabila kita sedang lapar kemudian kita minum air putih makan rasa lapar itu serasa hilang, oleh karenanya nantinya akan berpengaruh terhadap berat badan kita. Maka dari itulah air adalah makanan paling efektif untuk diet yang sehat.
  4. Mengencangkan Kulit : kulit manusia sangat membutuhkan cairan, oleh karena itu para ahli berpendapat bahwa dengan meminum air yang cukup setiap harinya akan memperlambat proses penuaan dan keriput pada kulit sehingga secara tidak langsung air dapat membantu mengencangkan kulit.
  5. Meningkatkan Kesuburan : Air ternyata juga dapat meningkatkan tingkat kesuburan seseorang baik itu laki-laki atau perempuan, ini terjadi karena air dapat merangsang produksi dari hormon-hormon seksual manusia yaitu hormon testosteron dan hormon estrogen.
  6. Menambah kebugaran tubuh : Sudah jelas bahwa air akan membuat kebugaran tubuh kita menjadi lebih baik sebab stamina akan kembali pulih.
  7. Memperlancar Pencernaan : Karena digunakan sebagai bahan utama dalam metabolisme sel dalam tubuh maka secara tidak langsung air juga dapat membantu dalam memperlancar proses pencernaan dalam tubuh.
  8. Mencegah timbulnya penyakit batuk dan flu : air juga bermanfaat dalam mencegah penyakit tertentu diantaranya batuk dan flu
  9. Mencegah tubuh dari dehidrasi (kekurangan air secara berlebihan)
  10. Mengganti cairan isotonik dalam tubuh pada saat bangun tidur : pada saat tidur tubuh kita akan kekurangan cairan oleh karena itu manfaat air putih ketika diminum setelah bangun tidur adalah menggantikan cairan tubuh yang hilang itu.

0 komentar: